Pengalaman Klaim Garansi Hardisk Seagate

Bencana terjadi 3 hari lalu, 19 Maret 2024. Saya mau olah data drone untuk riset saya. Data saya simpan di hardisk external Seagate One Touch 4TB. Dan saat akan colok ke laptop... BRUUKKK!! Hardisk jatuh ke lantai. Anda pasti paham betul apa yang terjadi. Anda pasti paham betul betapa sensitifnya hardisk. Yup! Hardisk saya rusak. Laptop tidak bisa membaca data di dalamnya, walaupun masih bisa mendeteksi koneksi via USB. Saya cek lewat diskpart dan disk management, semua nihil. Saya coba ganti laptop yang lain, pun sama, nihil. Dan itu adalah data penelitian untuk studi S3 saya. Kebayang donk pusingnya? Masa depan loh itu.

Beragam cara sudah saya coba. Semua tutorial di YouTube, StackOverFlow, dll. Belum ada yang sukses. Sampai akhirnya saya nyerah.

Konten

Data Aman

Untungnya, semua data sudah saya backup ke beberapa hardisk lain. Saya coba cek di hardisk lain, dan betul, semua data yang ada di hardisk rusak sudah dibackup. Pendeknya, data aman. Cuma hardisk yang disayangkan. Kalo sampe nggak bisa dipakai lagi, sayang banget kan dengan kapasitasnya yang lumayan gede itu.

Nah, berdasarkan informasi dari sebuah forum (saya lupa catat forumnya), disarankan untuk klaim garansi. Ternyata Seagate memang menyediakan fasilitas garansi untuk setiap produknya. Saya coba cek disini:

Garansi & Penggantian | Support Seagate US

Laman cek garansi Seagate

Yang dibutuhkan cuma nomor seri atau serial number produk hardisk yang mau diklaim garansinya. Nomor seri bisa dicek di bagian belakang hardisk.

Nomor seri produk di bagian belakang hardisk

Hasil cek garansi

Hasil cek akan menunjukkan status garansi produk. Ada informasi masa berlaku garansinya. Dan sebenarnya Seagate juga memberikan layanan rescue data recovery, yang masa berlakunya sama dengan masa berlaku garansi. Opsi ini bisa saja saya ambil. Tapi saya lebih memilih untuk ganti produk atau replacement. Karena toh datanya sudah aman, saya pikir. Just in case anda berminat klaim rescue data recovery, silakan akses alamat ini:

Garansi Terbatas Penyalur Seagate

Berdasarkan informasi resmi yang ada di website Seagate, yang tercakup dalam Garansi Terbatas Penyalur ini adalah kerusakan apa pun pada materi atau pembuatan Produk Seagate yang dibeli melalui saluran Distibusi Seagate. Layanan garansi hanya diberikan saat produk Anda dikembalikan ke pusat pengembalian resmi di wilayah tempat produk tersebut pertama kali dikirimkan oleh Seagate. Wilayah yang ditetapkan adalah sebagai berikut:
  • Wilayah Amerika Utara
  • Wilayah Amerika Latin
  • Wilayah EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika)
  • Wilayah Tiongkok (termasuk Hong Kong dan Makau) (Kembalikan ke tempat pembelian.)
  • Wilayah India (termasuk Bangladesh, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka)
  • Indonesia
  • Jepang
  • Malaysia
  • Filipina
  • Taiwan
  • Vietnam
  • Wilayah APAC (Australia, Korea (Selatan), Selandia Baru, Singapura, dan Thailand)
Apa saja yang tidak tercakup?

Saya copy paste langsung dari website Seagate, garansi terbatas ini tidak mencakup pertanggungan masalah yang disebabkan oleh (a) penggunaan komersial; kecelakaan; penyalahgunaan; kelalaian; benturan; pengosongan elektrostatik; panas atau lembap yang melebihi spesifikasi produk; instalasi, operasi, pemeliharaan, atau modifikasi yang tidak sesuai; atau (b) penyalahgunaan apa pun yang bertentangan dengan petunjuk di buku panduan pengguna; atau (c) kehilangan kata sandi; atau (d) malafungsi yang disebabkan oleh peralatan lain. Garansi terbatas ini akan batal jika produk dikembalikan dengan label yang terlepas atau rusak, atau perubahan apa pun (termasuk komponen atau penutup eksternal yang dilepas tanpa izin). Garansi terbatas ini tidak mencakup pertanggungan kehilangan data – cadangkan konten hard disk Anda ke media penyimpanan terpisah secara teratur. Selain itu, kerusakan konsekuensial; kerusakan insidental; dan biaya yang terkait dengan pemulihan data, pelepasan, dan instalasi tidak dicakup dalam garansi kami. Garansi terbatas ini hanya berlaku untuk produk perangkat keras; perangkat lunak, media, dan manual berlisensi (dan bergaransi bila berlaku) sesuai dengan perjanjian tertulis yang terpisah.

Hmm... Jujur ini baru saya baca saat nulis post ini. Saya baru tau kalau kerusakan karena benturan tidak termasuk yang bisa diklaim garansi. Apakah jatuh bukan termasuk benturan? Hmm...

Bagaimana Prosedur Klaimnya?

Setelah cek ketersediaan garansi, selanjutnya anda bisa mulai klaim garansi. Akses link berikut:
Klaim Garansi | Seagate
Pilih Login Pengguna Akhir
Selanjutnya, klik Buat Klaim Pengguna Akhir. Disini anda harus buat akun dulu, klik Daftar, lalu isi formulirnya. Setelah itu anda bisa login. Setelah login, muncul halaman berikut:

Anda bisa langsung klik Create Order. Pilih manual entry, lalu isikan product number dan serial number. Dua nomor ini bisa anda dapatkan di belakang hardisk anda.




Jangan lupa juga tambahkan alamat pengiriman atau shipping address. Pastikan alamat yang anda isikan ini diisi dengan benar. Karena nantinya produk pengganti akan dikirimkan ke alamat itu. Seagate tidak akan konfirmasi ulang alamat ke kita. Semua dilakukan by system.

Klik Check Warranty Status. Sistem akan memerika status garansi produk kita. 

Selanjutnya adalah isian untuk pengiriman dan konfirmasi alamat. Cek sekali lagi alamat pengiriman anda. Pastikan tidak ada kesalahan. Lanjutkan proses sampai anda bisa submit permintaan klaim garansi anda. Selanjutnya, akan ada email berisi konfirmasi order. Di dalamnya, ada informasi batas waktu pengiriman yaitu 30 hari. Jadi pastikan anda segera kirim produk yang akan diklaim garansinya. Ada juga informasi lokasi pengembalian produk dan RMA number. Nah, RMA number ini harus anda cantumkan di label pengiriman produk.



Prosedur klaim ini mengharuskan anda mengirimkan sendiri produk yang mau diklaim untuk penukaran. Seagate akan memberikan alamat tujuan pengiriman. Anda bisa cetak label pengiriman yang disediakan. Label ini sudah lengkap, terdiri dari alamat anda, dan alamat tujuan pengiriman, biasanya adalah rekanan Seagate di Indonesia, anda bisa memilih lokasi terdekat dengan kota anda. Seagate juga memberikan petunjuk dan prosedur pengiriman produk. Ini untuk memastikan kondisi produk terjamin sampai dengan diterima oleh rekanan Seagate. Petunjuk pengiriman dapat diakses di alamat berikut:

Opsi Klaim Garansi: Tidak Harus Dikirim via Kurir

Sebenarnya, ada opsi lain yang ditawarkan Seagate selain kirim produk via kurir. Opsi kedua adalah anda bisa antarkan langsung produk ke alamat mitra Seagate terdekat. Opsi ini tidak saya ambil, karena pertimbangan kepraktisan kirim via kurir. Lagipula, alamat mitra terdekat ada di Jakarta, butuh waktu lebih untuk antar kesana. Mending saya kirim.

Jadi, singkat cerita, segera saya pack hardisk saya. Saya sudah tidak peduli dengan data yang ada di dalamnya. Yang penting hardisk saya diganti baru, pikir saya kemarin. 

Saya pack hardisk saya dengan kardus kecil, lalu dibungkus bubble wrap. Oh ya, saya sempat masukkan hardisk saya itu ke sleeve. Maksud saya supaya lebih aman. Tapi ternyata, menurut Seagate, sebaiknya produk yang dikirimkan tidak dengan aksesorisnya. Jadi hanya produknya saja. Karena mitra Seagate tidak akan mengembalikan aksesoris yang dikirimkan bersama produk.

Sepulang kerja, saya mampir ke agen JNE terdekat. Counter JNE tawarkan pilihan paket, apakah yang besok sampai atau yang reguler. Tanpa pikir panjang, saya pilih yang besok sampai. Cuma 18ribu ini, pikir saya.

Besoknya, sudah mulai ada email yang masuk. Ternyata kiriman saya sudah sampai ke mitra Seagate. Dan proses verifikasi untuk klaim garansi sudah selesai. Seagate menerima klaim saya, hardisk saya yang rusak diganti dengan produk serupa yang baru. Yeay! Dan proses klaim ini tentu saja tanpa ada biaya. Hore!

Dokumen klaim garansi. Dengan symptom hard drive bad sector/defective. Casenya "tidak terbaca"

Paket Sampai 2 Hari Kemudian

Lalu besoknya, pas saat saya sampai rumah sepulang kerja, ada kurir JNE di depan rumah. Dan sesuai dugaan, paket hardisk baru saya mendarat. Cepat sekali prosesnya bukan? 19 Maret klaim dan kirim produk, 20 Maret diproses mitra dan dikirim kembali, 21 Maret produk pengganti sudah mendarat mulus di tangan konsumen. Mantab nggak tuh?

Paket yang dinantikan
Tentu saja paket langsung saya unboxing. Penasaran dengan isinya. Dan ternyata, memang betul diganti dengan produk serupa, tipe yang sama. Apa saja isinya?

Isinya produk pengganti dengan tipe yang sama persis. Hanya mungkin beda warna. Seagate tidak memilih dan menyesuaikan warna produk. Saya sih tidak masalah. Toh saya juga sudah lupa warna hardisk saya yang rusak. Seagate tidak memberikan aksesoris. Jujur, saya sempat berharap ada produk lain macam merchandise dari Seagate. Tapi ternyata tidak ada.

Eh, tapi tunggu dulu. Saya cek di kemasannya lagi, ternyata ada sleeve yang terselip. Hmm... Kok kyknya familiar dengan sleeve itu. Ternyata, itu sleeve yang kemarin saya pakaikan di hardisk lama, yang saya kirim juga ke mereka. Mereka kirim balik donk. The best emang Seagate mah!

Dan ini dia hardisk baru saya! Thanks Seagate!


Certified remote pilot | interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone | research student at Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Japan

Posting Komentar