WebODM: Alternatif Software Pengolah Data Drone. Bagaimana Cara Install-nya?

 

Antarmuka WebODM (dari www.opendronemap.org)
Setelah akuisisi data, tahap selanjutnya dari survey pemetaan menggunakan drone adalah mengolah data menjadi orthophoto atau orthomosaic. Proses ini tentu saja membutuhkan software khusus. Software yang paling umum digunakan diantaranya adalah Pix4D Mapper dan Agisoft Metashape. Kedua software ini masih dominan digunakan para surveyor drone untuk mengolah data drone setelah survey di lapangan selesai dilakukan. Keduanya adalah software berbayar, hingga banyak yang mencari celah dengan menggunakan versi bajakannya. Lalu, apakah ada alternatif software pengolah data drone yang open source? Dan tentu saja gratis? Ada, perkenalkan: OpenDroneMap, atau WebODM. 

Mengenal WebODM

WebODM merupakan salah satu bagian dari project OpenDroneMap yang bertujuan untuk membangun solusi berkelanjutan untuk mengumpulkan, memproses, menganalisis, dan menampilkan data foto udara dengan mendukung komunitas yang dibangun di sekitarnya. Karena berbasis komunitas, maka anda pun dapat bergabung untuk bersama-sama mengembangkan project ini. Tertarik? Bergabunglah disini: 

Beberapa project OpenDroneMap yang telah dikembangkan


WebODM is a free, user-friendly, extendable application and API for drone image processing. It generates georeferenced maps, point clouds and textured 3D models from aerial images.

Ya, WebODM adalah software pengolah data citra drone menjadi orthomosaic, yang gratis. Well, apakah sepenuhnya gratis? Jawaban singkatnya: no! Karena user bisa memilih apakah mau versi gratis atau berbayar. 

Versi berbayar disediakan untuk user yang tidak mau repot dalam hal instalasi. Untuk sebagian user yang mungkin tidak familiar dengan teknologi semacam git, Docker, Python, pip, dsb, instalasi WebODM mungkin akan menjadi sesuatu yang sulit. Oleh karena itu, developer WebODM sudah menyediakan fasilitas jasa instalasi dalam bentuk paket installer. Dengan paket ini, pengguna dengan pengetahuan command line yang minim sekalipun dapat dengan mudah menginstall WebODM. 

WebODM installer

Harga yang ditawarkan mulai dari $57 sampai dengan $147. Dengan perbedaan hanya pada jenis dukungan yang diberikan. Dan perlu dicatat, sistemnya bukan berlangganan, tapi sekali bayar (one-time purchase). Menarik? Anda bisa dapatkan WebODM installer ini di laman berikut: Download WebODM - OpenDroneMap™
Harga WebODM installer

Bagaimana dengan kualitasnya?

Anda bisa mencoba membandingkan hasil pengolahan berupa orthophoto yang dihasilkan dari WebODM dengan software pengolah data citra drone lainnya. Developer OpenDroneMap sudah menyediakan laman khusus untuk itu disini: 

UAV Mapping Arena (opendronemap.github.io)

Laman perbandingan hasil olahan orthophoto dengan OpenDroneMap dan software lainnya

Download dan Install WebODM 

Bagi anda yang tertarik membayar installer, tentunya tidak perlu repot-repot menginstall software utama WebODM beserta semua dependencies-nya. Cukup download installer, bayar, lalu beberapa kali klik, maka WebODM sudah terinstall di PC anda. Tapi bagi anda yang "keberatan" mengeluarkan sejumlah uang itu, alternatif WebODM versi gratis tentunya menjadi pilihan.

Untuk menginstal WebODM secara manual, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Install aplikasi pendukung 

Install aplikasi pendukung berikut:

  • Git
  • Docker
  • Docker-compose
  • Python
  • Pip
Jika sudah, bisa dilewat.

2. Install Docker Windows

Bagi pengguna Windows, anda harus menginstall Docker Windows terlebih dahulu. Installernya bisa didownload disini:
Lalu:
  1. Pastikan Linux containers diaktifkan (Switch to Linux Containers..),
  2. Atur agar alokasi CPU untuk Docker cukup (default 2) dan RAM (>4Gb, 16Gb lebih baik tetapi sisakan beberapa untuk Windows) dengan masuk ke Settings -- Advanced, dan
  3. Pilih di mana pada hard drive anda ingin meletakkan hard drive virtual (Settings -- Advanced-- Images & Volumes).

3. Jalankan Docker

4. Jalankan command di Terminal

Setelah Docker berjalan, dari Terminal Quickstart Docker atau Git Bash (Windows), atau dari command line (Mac / Linux), ketikkan:

git clone https://github.com/OpenDroneMap/WebODM --config core.autocrlf=input --depth 1
cd WebODM
./webodm.sh start  

5. Buka WebODM di browser

Buka browser lalu akses ke http://localhost:8000. Maka seharusnya laman WebODM sudah tampil di browser anda.

Tampilan homepage WebODM


Bagaimana? Seharusnya tidak sesulit yang dibayangkan. Selanjutnya anda bisa mulai mengolah data dengan WebODM. Di post selanjutnya, saya akan share step-by-step pengolahan data drone menggunakan WebODM.

Panduan lebih lengkap mengenai instalasi WebODM secara manual dapat diakses pada laman berikut: https://github.com/OpenDroneMap/WebODM/

Certified remote pilot | interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone | research student at Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Japan

Posting Komentar