Aku Kembali


Akhirnya saya kembali ngeblog di blogspot (lagi). Setelah sebelumnya sempat mencicipi perjuangan mengelola blog secara mandiri dengan WordPress self-hosted, yang ternyata - agak merepotkan juga ya. Saya akhirnya kembali ke blogspot. I'm back!

Blogger memang adalah platform blogging pertama yang saya kenal. Sejak masuk kuliah di pertengahan 2008 dulu, saya mulai 'merintis' kegemaran saya menulis di blog. Selama 12 tahun saya aktif menulis di blogspot, hingga pada Agustus 2020, saya eksodus dari Blogger, dan beralih ke WordPress self-hosted. Yang ada di benak saya waktu itu memang karena saya sudah cukup lama di Blogger. Sudah mulai terasa bosan adanya kekurangan Blogger yang mulai mengganggu. Fleksibilitas yang ditawarkan WP dengan ribuan plugin dan kemungkinan kustomisasinya karena berbasis PHP, menjadi godaan saya untuk beralih. Saya bahkan sempat membuat plugin untuk menampilkan profil Google Scholar dan Sinta, bisa dipakai di blog WordPress, yang self-hosted tentunya.

Awalnya saya sewa hosting dengan space yang minim, sekedar coba-coba dulu, pikir saya. Ah tapi ternyata space itu cepat sekali habis terpakai. Putar otak, saya coba 'manfaatkan' server di kampus yang kebetulan saya kelola. Domain saya arahkan ke proxy server, kemudian proxy server yang akan mengarahkan setiap request dari domain saya untuk diarahkan ke local site di server yang sebelumnya sudah saya cloning dari hosting.

Beberapa waktu skema itu berjalan. Tapi masalah mulai muncul. Paling banyak karena jaringan kampus yang ternyata seringkali bermasalah. Sehingga blog saya tidak bisa diakses dari luar. 

Fyuuhh! Ngeblog di WP repot juga ya

Iya! 

Akhirnya saya putuskan kembali ke blogspot. Dengan tetap menggunakan domain yang sama. Semua post di blog WP saya pindahkan. Beberapa mungkin masih tampil berantakan. Terutama karena gambar yang harus manual saya upload satu per satu. Dan beberapa bagian mungkin masih menampilkan shortcode karena sebelumnya saya menggunakan plugin di WP, yang tentu saja tidak akan tampil di Blogspot.

Bagaimana dengan SEO?

Ah, sejak awal ngeblog juga saya bukan tipe blogger yang peduli dengan per-SEO-an. Sejak pindah ke server kampus juga SEO blog saya sudah hancur-hancuran, gegara beberapa kali sulit diakses. So, saya sama sekali nggak mikirin SEO.

Yah, walaupun dengan kembali ke Blogger, artinya saya juga harus kembali merasakan kekurangan-kekurangan yang dulu sempat mendorong saya untuk pindah ke WP. 

Bagi saya sekarang saya bisa ngeblog lagi tanpa harus pusing mikirin hosting. Tanpa perlu harus khawatir blog tidak bisa diakses gegara jaringan internet kampus yang kadang harus byar pet

Tantangan selanjutnya: konsistensi.

I'm back!

Certified remote pilot | interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone | research student at Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Japan

Posting Komentar