Konversi Data GPS Geodetic T02 Menjadi RINEX

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah berbagi cara untuk mengolah data GPS Geodetic dengan metode post processing menggunakan CORS. Pada tulisan itu, saya menggunakan data RINEX yang dapat langsung digunakan di INA-CORS. Pada saat kita mengukur di lapangan dengan menggunakan perangkat GPS geodetic merk Trimble, file yang akan kita dapatkan adalah file berekstensi .T02. Tentunya file ini tidak dapat langsung digunakan di INA-CORS. Pada tulisan kali ini, saya akan menunjukkan cara konversi data GPS geodetic T02 menjadi RINEX.

Software yang dapat digunakan adalah Convert To Rinex Utility buatan Trimble. Anda dapat mengunduh file installer-nya disini:

https://trl.trimble.com/dscgi/ds.py/Get/File-869391/convertToRinex314.msi

Anda juga perlu menginstall software Trimble Office Configuration File Update Utility yang dapat diunduh disini:

http://dl.trimble.com/osg/survey/gpsconfigfiles/20.8.20/trimblecfgupdate.exe

Data contoh yang digunakan dapat anda unduh disini:

Download sample data

Selanjutnya silakan install software yang telah anda unduh. Jika sudah diinstall, silakan buka lalu anda akan mendapatkan tampilan awal seperti ini:



Klik pada menu File, lalu Open. Silakan cari file T02 yang telah anda download. Lalu software akan melakukan proses scanning. Tunggu hingga proses selesai, ditandai dengan tulisan Complete! dan data-data header dan antena ditampilkan seperti berikut:


Lalu klik pada menu File, lalu pilih Convert Files. Proses konversi data T02 menjadi RINEX akan berjalan. Dan ketika proses selesai, data RINEX akan tersimpan pada direktori yang sama dengan data T02.

Data RINEX yang dihasilkan dari proses konversi menggunakan software ConverToRinex ini terdiri dari 4 file dengan ekstensi yang berbeda yaitu: *.20o, *.20c, *.20g, *.20n. File yang anda butuhkan untuk diproses di INA-CORS hanya file dengan ekstensi *.20o saja. Anda dapat mengupload data ini ke website INA-CORS.

Itulah cara Konversi Data GPS Geodetic T02 Menjadi RINEX. Jika ada yang ingin anda tanyakan, mari kita diskusi.

Certified remote pilot | interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone | research student at Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, Japan

Posting Komentar